Selasa, 08 Oktober 2013

contoh PTK PAI

UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKIDAH AHLAK MATERI POKOK AHLAK TERPUJI (KREATIF, DINAMIS, SABAR DAN TAWAKAL) MELALUI STRETEGI BRAINSTORMING PADA SISWA KELAS X G SEMESTER GANJIL MAN MAJENANG TAHUN AJARAN 2013/2014

A.    LATAR BELAKANG MASALAH
Menurut mulysa pembelajaran adalah proses interaksi antara peserta didik drngan lingkungan nya sehingga terjadi perubahan perilaku kearah yang lebih baik.[1] Pembelajaran merupakan suatu proses yang komplek dan melibatkan berbagai aspek yang saling berkaitan. Oleh karena itu untuk menciptakan pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan diperlukan keterampilan.[2]
Pembelajaran merupakan kegiatan utama dalam proses pendidikan di sekolah. Oleh karenya pencapaian  tujuan pendidikan banyak tergantung pada proses belajar. Keberhasilan proses belajar dipengaruhi oleh banyak factor, salah satunya asdalah strategi yang digunakan ketika mengajar.[3] Pembelajaran dikelas harus dimaksimalkan oleh guru melalui pemilihan metode maupun stategi yang tepat dan didukung oleh siswa yang mau aktif dalam proses pembelajaran.[4] Oleh karena itu, guru dituntut untuk terampil dalam memilih metode dan strategi mengajar. Makintepat metode yang digunakan oleh guru dalam mengajar maka akan semakin efektif kegiatan pembelajaran.[5]
MAN Majenang adalah sekolah yang berada dibawah naungan Kementrian Agama. Yang mana mata pelajaran pendidikan agama islam (PAI) lebih terperinci. Salah satunya yaitu akidah ahlak, yang mana siswa dituntut untuk memiliki allakul karimah dan memiliki prestasi yang unggul. Pada materi pokok sebelumnya yaitu beriman pada alloh siswa kelas Xg memiliki nilai yag kurang memenuhi KKM pembelajaran yaitu hanya memiliki rata-rata 68. Sedangkan KKM yang harus dicapai adalah 70. Metode yag digunakan pada pembelajaran materi iman kepada Alloh adalah ceramah dan Tanya jawab, sehingga siswa kurang aktif dan kurang memperhatikan guru yang sedang mengajar.


B.     RUMUSAN MASALAH
Dari uraian yang dipaparkan dalam latar belakang masalah maka penulis mengajukan rumusan masalah sebagai berikut “apakah jika strategi brainstorming digunakan dalam proses pembelajaran mata pelajaran akidah ahlak materi pokok ahlak terpuji (kreatif, dinamis, sabar dan tawakal) maka akan meningkatkan prestasi belajar siswa kelas XG MAN Majenang semester ganjil tahun ajaran 2013/2014?”

C.     DEFINISI OPRASIONAL
Dari judul penelitian Uapya peningkatan prestasi belajar mata pelajaran akidah ahlak materi pokok ahlak terpuji (kreatif, dinamis, sabar dan tawakal) melalui stretegi brainstorming pada siswa kelas X G semester ganjil MAN Majenang tahun ajaran 2013/2014, agar tidak terjadi kesalahpahaman dalm penafsiran maka perlu dikemukakan definisi oprasional sebagai berikut
1.      Prestasi belajar
Prestasi belajar yaitu kemampuan yang diperoleh siswa metelah melalui kegiatan belajar
2.      Brainstorming
Brainstorming yaitu suatu startegi pembelajaran dimana guru member masalah pada siswa, kemudian diminta untuk berdiskusi dan berperan aktif  dalam pembelajaran dengan cara mengungkapkan pendapat atau gagasan atau pengalaman yang pernah mereka alami berkaitan dengan topic yang sedang dibahas. Dalam hal ini guru ataupun teman yang lain tidak boleh membenarkan ataupun menyalahkan. Setelah semua pendapat atau gagasan  terkumpul maka langkah akhirnya adalah penyepakatan bersama, dimana dalam proses penyepakatan ini diambil pendapat atau gagasan yang paling tepat twerkait masalah yang dihadapi.

D.    TUJUAN PENELITIAN
Tujuan dilakukannya penelitian ini adlah untuk mengetahui apakah strategi brain storming dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran akidah ahlak materi pokok ahlak terpuji (kreatif, dinamis, sabar dan tawakal) pada siswa kelas XG semester ganjil MAN Majenag tahun ajaran 2013/2014

E.     MANFAT PENELITIAN
Dari penelitian ini diharapkan adanya manfaat bagi:
1.      Siswa
a.       Memperoleh pengalaman belajar yang lebih menarik
b.      Meningkatkan aktifitas siswa dalam belajar
c.       Menumbuhkan keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat

2.      Guru
a.       Memperoleh alternative baru yanfg dapat diterapkan guru dalam proses pembelajaran
b.      Memperoleh alternative baru yanfg dapat diterapkan guru dalam meningkatkan pemahaman siswa
c.       Memperoleh alternative baru yanfg dapat diterapkan guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran


F.      TELAAH PUSTAKA
Penelitian ini menggunakan buku-buku yang relevan dengan judul penelitian Upaya peningkatan prestasi belajar mata pelajaran akidah ahlak materi pokok ahlak terpuji (kreatif, dinamis, sabar dan tawakal) melalui stretegi brainstorming pada siswa kelas X G semester ganjil MAN Majenang tahun ajaran 2013/2014

G.    HIPOTESIS TINDAKAN
Jika diterapkan strategi pembelajaran brainstorming pada mata pelajaran pelajaran akidah ahlak materi pokok ahlak terpuji (kreatif, dinamis, sabar dan tawakal) maka akan terjadi peningkatan prestasi pada siswa kelas X G semester ganjil MAN Majenang tahun ajaran 2013/2014

H.    METODE PENELITIAN
1.      Metode pengumpulan data
Metode  pengumpulan data dalam Penelitian ini, penlis menggunakan metode:
a.       Obsevasi, yaitu pengamatan langsung di dalam kelas
b.      Tes, yaitu pemberian tes/evaluasi pasa siswa setelah melalui proses pembelajaran

2.      Metode analisis data
Dalam menganalisis data yang telah didadapatkan, penulis menggunakan metode deskriptifuntuk menggambarkan keadaan peningkatan pencapaian indicator keberhasilan strategi brainstorming

I.       SISTEMATIKA PENULISAN
Sistematika penulisan
BAB I Pendahuluan, yang berisi:
a.       Latar belakng masalah
b.      Rumusan masalah
c.       Definisi oprasional
d.      Tujuan penelitian
e.        Manfaat penelitian
f.       Telaah pustaka
g.      Hipotesis penelitian
h.      Metode penelitian
i.        Sistematika penulisan
j.        Daftar pustaka
BAB II, Kajian Pustaka
BAB III
BAB IV
BAB V

J.       DAFTAR PUSTAKA
Mulyasa, E, 2003, Kurikulum Berbasis Kopetensi, Bandung : rosdakarya offset
mulyasa, E, 2005, Menjadi Guru Profesional, Menciptaka pembelajaran kreatif dan menyenagkan , Bandung:Rosda karya  
Muhibinsyah.  2000, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan baru , Bandung: Rosdakarya
Nasution, S, 1994 Kurikulum dan Pengajaran Jakarta:Bima Aksara
Hamruni, 2009, Strategi Dan Model-Model Pembelajaran Aktif dan Menyenangkan Yogyakarta:Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga



Nama               : SITI FAJRIYAH
SEMESTER    : ENAM TARBIYAH (6 A)
STAIS MAJENANG
TUGAS           : UAS METODOLOGI PENELITIAN (PTK)



[1] E. mulyasa, kurikulum berbasis kopetensi, (Bandung:Rosda karya offset, 2003) pg. 100
[2] E. mulyasa, Menjadi Guru Profesional, Menciptaka pembelajaran kreatif dan menyenagkan (Bandung:Rosda karya, 2005) pg. 69
[3] Muhibin syah. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan baru (Bandung: Rosdakarya, 2000) pg. 29
[4] S. nasution, Kurikulum dan Pengajaran (Jakarta:Bima Aksara, 1994) pg.102
[5] Hamruni, Strategi Dan Model-Model Pembelajaran Aktif dan Menyenangkan (Yogyakarta:Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2009) pg. 96

Tidak ada komentar:

Posting Komentar