UPAYA
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AKIDAH AHLAK MATERI POKOK AHLAK
TERPUJI (KREATIF, DINAMIS, SABAR DAN TAWAKAL) MELALUI STRETEGI BRAINSTORMING
PADA SISWA KELAS X G SEMESTER GANJIL MAN MAJENANG TAHUN AJARAN 2013/2014
A. LATAR
BELAKANG MASALAH
Menurut
mulysa pembelajaran adalah proses interaksi antara peserta didik drngan
lingkungan nya sehingga terjadi perubahan perilaku kearah yang lebih baik.[1]
Pembelajaran merupakan suatu proses yang komplek dan melibatkan berbagai aspek
yang saling berkaitan. Oleh karena itu untuk menciptakan pembelajaran yang
kreatif dan menyenangkan diperlukan keterampilan.[2]
Pembelajaran
merupakan kegiatan utama dalam proses pendidikan di sekolah. Oleh karenya
pencapaian tujuan pendidikan banyak
tergantung pada proses belajar. Keberhasilan proses belajar dipengaruhi oleh
banyak factor, salah satunya asdalah strategi yang digunakan ketika mengajar.[3] Pembelajaran
dikelas harus dimaksimalkan oleh guru melalui pemilihan metode maupun stategi yang
tepat dan didukung oleh siswa yang mau aktif dalam proses pembelajaran.[4]
Oleh karena itu, guru dituntut untuk terampil dalam memilih metode dan strategi
mengajar. Makintepat metode yang digunakan oleh guru dalam mengajar maka akan
semakin efektif kegiatan pembelajaran.[5]
MAN
Majenang adalah sekolah yang berada dibawah naungan Kementrian Agama. Yang mana
mata pelajaran pendidikan agama islam (PAI) lebih terperinci. Salah satunya
yaitu akidah ahlak, yang mana siswa dituntut untuk memiliki allakul karimah dan
memiliki prestasi yang unggul. Pada materi pokok sebelumnya yaitu beriman pada
alloh siswa kelas Xg memiliki nilai yag kurang memenuhi KKM pembelajaran yaitu
hanya memiliki rata-rata 68. Sedangkan KKM yang harus dicapai adalah 70. Metode
yag digunakan pada pembelajaran materi iman kepada Alloh adalah ceramah dan
Tanya jawab, sehingga siswa kurang aktif dan kurang memperhatikan guru yang
sedang mengajar.
B. RUMUSAN
MASALAH
Dari
uraian yang dipaparkan dalam latar belakang masalah maka penulis mengajukan
rumusan masalah sebagai berikut “apakah jika strategi brainstorming digunakan
dalam proses pembelajaran mata pelajaran akidah ahlak materi pokok ahlak
terpuji (kreatif, dinamis, sabar dan tawakal) maka akan meningkatkan prestasi
belajar siswa kelas XG MAN Majenang semester ganjil tahun ajaran 2013/2014?”
C. DEFINISI
OPRASIONAL
Dari
judul penelitian Uapya peningkatan prestasi belajar mata pelajaran akidah ahlak
materi pokok ahlak terpuji (kreatif, dinamis, sabar dan tawakal) melalui
stretegi brainstorming pada siswa kelas X G semester ganjil MAN Majenang tahun
ajaran 2013/2014, agar tidak terjadi kesalahpahaman dalm penafsiran maka perlu
dikemukakan definisi oprasional sebagai berikut
1. Prestasi
belajar
Prestasi belajar yaitu
kemampuan yang diperoleh siswa metelah melalui kegiatan belajar
2. Brainstorming
Brainstorming yaitu
suatu startegi pembelajaran dimana guru member masalah pada siswa, kemudian
diminta untuk berdiskusi dan berperan aktif
dalam pembelajaran dengan cara mengungkapkan pendapat atau gagasan atau
pengalaman yang pernah mereka alami berkaitan dengan topic yang sedang dibahas.
Dalam hal ini guru ataupun teman yang lain tidak boleh membenarkan ataupun
menyalahkan. Setelah semua pendapat atau gagasan terkumpul maka langkah akhirnya adalah
penyepakatan bersama, dimana dalam proses penyepakatan ini diambil pendapat
atau gagasan yang paling tepat twerkait masalah yang dihadapi.
D. TUJUAN
PENELITIAN
Tujuan
dilakukannya penelitian ini adlah untuk mengetahui apakah strategi brain
storming dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran akidah ahlak materi
pokok ahlak terpuji (kreatif, dinamis, sabar dan tawakal) pada siswa kelas XG
semester ganjil MAN Majenag tahun ajaran 2013/2014
E. MANFAT
PENELITIAN
Dari
penelitian ini diharapkan adanya manfaat bagi:
1. Siswa
a. Memperoleh
pengalaman belajar yang lebih menarik
b. Meningkatkan
aktifitas siswa dalam belajar
c. Menumbuhkan
keberanian siswa dalam mengemukakan pendapat
2. Guru
a. Memperoleh
alternative baru yanfg dapat diterapkan guru dalam proses pembelajaran
b. Memperoleh
alternative baru yanfg dapat diterapkan guru dalam meningkatkan pemahaman siswa
c. Memperoleh
alternative baru yanfg dapat diterapkan guru dalam meningkatkan mutu
pembelajaran
F. TELAAH
PUSTAKA
Penelitian
ini menggunakan buku-buku yang relevan dengan judul penelitian Upaya
peningkatan prestasi belajar mata pelajaran akidah ahlak materi pokok ahlak
terpuji (kreatif, dinamis, sabar dan tawakal) melalui stretegi brainstorming
pada siswa kelas X G semester ganjil MAN Majenang tahun ajaran 2013/2014
G. HIPOTESIS
TINDAKAN
Jika
diterapkan strategi pembelajaran brainstorming pada mata pelajaran pelajaran
akidah ahlak materi pokok ahlak terpuji (kreatif, dinamis, sabar dan tawakal)
maka akan terjadi peningkatan prestasi pada siswa kelas X G semester ganjil MAN
Majenang tahun ajaran 2013/2014
H. METODE
PENELITIAN
1. Metode
pengumpulan data
Metode pengumpulan data dalam Penelitian ini, penlis
menggunakan metode:
a. Obsevasi,
yaitu pengamatan langsung di dalam kelas
b. Tes,
yaitu pemberian tes/evaluasi pasa siswa setelah melalui proses pembelajaran
2. Metode
analisis data
Dalam menganalisis data yang telah
didadapatkan, penulis menggunakan metode deskriptifuntuk menggambarkan keadaan
peningkatan pencapaian indicator keberhasilan strategi brainstorming
I. SISTEMATIKA
PENULISAN
Sistematika
penulisan
BAB
I Pendahuluan, yang berisi:
a. Latar
belakng masalah
b. Rumusan
masalah
c. Definisi
oprasional
d. Tujuan
penelitian
e. Manfaat penelitian
f. Telaah
pustaka
g. Hipotesis
penelitian
h. Metode
penelitian
i.
Sistematika penulisan
j.
Daftar pustaka
BAB
II, Kajian Pustaka
BAB
III
BAB
IV
BAB
V
J. DAFTAR
PUSTAKA
Mulyasa,
E, 2003, Kurikulum Berbasis Kopetensi, Bandung : rosdakarya offset
mulyasa, E, 2005, Menjadi Guru
Profesional, Menciptaka pembelajaran kreatif dan menyenagkan , Bandung:Rosda
karya
Muhibinsyah. 2000, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan
baru , Bandung: Rosdakarya
Nasution, S, 1994 Kurikulum dan
Pengajaran Jakarta:Bima Aksara
Hamruni, 2009, Strategi Dan
Model-Model Pembelajaran Aktif dan Menyenangkan Yogyakarta:Fakultas Tarbiyah
UIN Sunan Kalijaga
Nama : SITI FAJRIYAH
SEMESTER : ENAM TARBIYAH (6 A)
STAIS MAJENANG
TUGAS : UAS METODOLOGI PENELITIAN (PTK)
[1] E.
mulyasa, kurikulum berbasis kopetensi,
(Bandung:Rosda karya offset, 2003) pg. 100
[2] E.
mulyasa, Menjadi Guru Profesional,
Menciptaka pembelajaran kreatif dan menyenagkan (Bandung:Rosda karya, 2005)
pg. 69
[3]
Muhibin syah. Psikologi Pendidikan dengan
Pendekatan baru (Bandung: Rosdakarya, 2000) pg. 29
[4] S.
nasution, Kurikulum dan Pengajaran (Jakarta:Bima
Aksara, 1994) pg.102
[5] Hamruni,
Strategi Dan Model-Model Pembelajaran
Aktif dan Menyenangkan (Yogyakarta:Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga,
2009) pg. 96
Tidak ada komentar:
Posting Komentar