Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Identitas
Satuan Pendidikan: Madrasah Aliyah Negeri (MAN)
Majenang
Mapel :
Alquran-Hadits
Kelas /
Semester : X /
Genap
Alokasi Waktu : 4 x
45 menit (2 x pertemuan)
A.
Standar
Kompetensi
4. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an
tentang berkompetisi dalam kebaikan
B.
Kompetensi
Dasar :
4.1 Mengartikan QS. Al Baqarah
:148; QS. Faathir : 32 dan QS. An Nahl : 97
4.2 Menjelaskan kandungan QS. Al
Baqarah :148 ; QS. Faathir : 32 dan QS. An Nahl : 97
4.3 Menceritakan perilaku orang yang mengamalkan
QS. Al Baqarah:148; QS. Al Fatir : 32 dan QS. An
Nahl : 97
4.4 Mengidentifikasi hikmah perilaku berkompetisi dalam kebaikan.
4.5 Menerapkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan. seperti terkandung dalam QS. Al Baqarah :148,
Al Fatir : 32 dan QS. An Nahl : 97
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
4.1.1
Membaca QS. Al- Al Baqarah :148, QS.
Faathir : 32, QS. An Nahl : 97
4.1.2
Menyebutkan makna mufrodat dari Qs. Al- Al Baqarah :148, QS. Faathir : 32, QS. An Nahl : 97
4.1.3
Mengartikan Qs. Al- Al Baqarah :148, QS. Faathir : 32, QS. An Nahl : 97
4.2.1 Menjelaskan kandungan ayat tentang orang yang
berlomba dalam kebaikan seperti terkandung dalam QS.
Al-Baqarah:148
4.2.2 Menjelaskan
kandungan ayat tentang tingkatan orang mukmin dalam mengamalkan al-Qur’an
seperti terkandung dalam QS Faathir:32
4.2.3 Menjelaskan
kandungan ayat tentang amal shalih seperti yang terkandung dalam QS An- Nahl 97
4.3.1 Menunjukkan
perilaku orang berlomba dalam kebaikan seperti terkandung dalam QS.
Al-Baqarah:148.
4.3.2 Menunjukkan
tingkatan perilaku orang orang mukmin dalam mengamalkan al-Qur’an seperti
terkandung dalam QS Faathir:32
4.3.3 Menunjukkan
perilaku orang mukmin laki-laki dan perempuan yang mengerjakan amal shalih
seperti yang terkandung dalam Qs. An nahl 97
4.4.1
Melaksanakan hidup yang dinamis(berkembang)
4.4.2
Mendorong senantiasa bersemangat dalam usaha dan melakukan amalan yang
positif
4.4.3
Meyakini adanya balasan dari setiap perbuatan yang baik.
4.4.4
Mendorong berloma- lomba dalam bersedekah
4.4.5
Mendorong berlomba-lomba dalam menuntut ilmu
4.4.6
Meningkatkan keyakinan bahwa orang yang banyak berbuat kebaikan akan
mendapat karunia yang amat besar dan kehidupan yang lebih baik.
4.4.7
Mendorong mengubah perilaku dengan perbuatan yang lebih baik.
D.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa dapat
melafalkan QS. Al- Al Baqarah :148, QS.
Faathir : 32, QS. An Nahl : 97
2.
Siswa dapat menyebutkan
makna mufrodat dari Qs. Al- Al Baqarah :148, QS. Faathir : 32, QS. An Nahl : 97
3.
Siswa dapat mengartikan
Qs. Al- Al Baqarah :148, QS.
Faathir : 32, QS. An Nahl : 97
4.
Siswa dapat
menjelaskan kandungan Qs. Al- Al Baqarah :148, QS. Faathir : 32, QS. An Nahl : 97
5.
Siswa dapat
menunjukan perilaku orang-orang yang sesuai dengan kandungan Qs. Al- Al Baqarah :148, QS.
Faathir : 32, QS. An Nahl : 97
E.
Metode
Ceramah, Drill, Tanya jawab, Penugasan
F.
Strategi
Kelompok diskusi
G.
Materi
(Materi Esensi)
Kompetisi dalam
kebaikan
1)
Q.S. Al-Baqarah: 148
. وَلِكُلٍّ وِجْهَةٌ هُوَ مُوَلِّيهَا
فَاسْتَبِقُواْ الْخَيْرَاتِ أَيْنَ مَا تَكُونُواْ يَأْتِ بِكُمُ اللّهُ جَمِيعاً
إِنَّ اللّهَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ
Artinya: ” Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia
menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah (dalam membuat) kebaikan. Di mana
saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari
kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.”
Arti Mufrodat:
وِجْهَةٌ :
Kiblat/arah
مُوَلِّيهَا
: menghadap kepadanya
فَاسْتَبِقُواْ الْخَيْرَاتِ : Maka
berlomba-lombalah (dalam membuat) kebaikan
Penjelasan Ayat
Dalam ayat ini
Alloh memerintahkan kita agar berlomba-lomba dalam melakukan kebaikan
(Fastabiqul Khairat). Kita tidak boleh larut kedalam masalah kiblat. Kita
hendaknya giat bekerja serta berlomba dalam kebaikan seperti bersedekah,
menuntut ilmu dan amalan-amalan positif yang lain. Kita harus berkompetisi
dalam melakukan hal-hal yang positif. Dampak positif yang dihasilkan dari
kompetisi dalam kebaikan ini adalah terciptanya kondisi/suasana kehidupan yang
dinamis dan senantiasa bersemangat. Kemudian pada saatnya nanti Alloh SWT akan
dikumpulkan semua manusia,dimanapun dan dari arah manapun mereka berada. Tidak
ada seorang pun yang lepas dari kekuasaan Alloh SWT,yaitu pada kehidupan di
dalam akhirat. Manusia akan diperlihatkan semua amal baik atau buruk yang
pernah dilakukan pada saat hidup di dunia. Di akhir ayat tersebut, ditegaskan
bahwa Alloh SWT Maha Kuasa atas segala sesuatu. Dengan keyakinan tersebut,
diharapkan akan membuat manusia berhati-hati dalam bertindak serta bertingkah
laku.
2)
Q.S. Al-Fathir: 32
ثُمَّ أَوْرَثْنَا الْكِتَابَ
الَّذِينَ اصْطَفَيْنَا مِنْ عِبَادِنَا فَمِنْهُمْ ظَالِمٌ لِّنَفْسِهِ وَمِنْهُم
مُّقْتَصِدٌ وَمِنْهُمْ سَابِقٌ بِالْخَيْرَاتِ بِإِذْنِ اللَّهِ ذَلِكَ هُوَ
الْفَضْلُ الْكَبِيرُ
Artinya: “Kemudian Kitab itu Kami wariskan kepada orang-orang yang
Kami pilih di antara hamba-hamba Kami, lalu di antara mereka ada yang
menganiaya diri mereka sendiri dan di antara mereka ada yang pertengahan dan
diantara mereka ada (pula) yang lebih dahulu berbuat kebaikan dengan izin
Allah. Yang demikian itu adalah karunia yang amat besar.”
Arti Mufrodat
اصْطَفَيْنَا :
Kami
pilih
مُّقْتَصِدٌ :
Pertengahan
سَابِقٌ
: Lebih dahulu
Penjelasan Ayat
Dalam ayat ini
dijelaskan bahwa Alloh SWT telah mewariskan kepada umat islam Al-Qur’an, kitab
mulia yang menjelaskan kitab-kitab sebelumnya. Diantara mereka ada yang
mendzalimi dir mereka sendiri, yaitu orang yang meninggalkan kewajiban dan
melakukan berbagai perkara yang diharamkan. Ada yang bersikap pertengahan,
yaitu melaksanakan kewajiban-kewajiban dan meninggalkan keharaman. Ada juga
yang bersikap segera melakukan perbuatan
yang diwajibkan dan disunahkan serta meninggalkan perkara yang diharamkan dan dimakruhkan.
Ketiga kelompok tersebut tetap masuk surga meskipun dengan cara yang
berbeda-beda.
3)
Q.S. An-Nahl: 97
مَنْ
عَمِلَ صَالِحاً مِّن ذَكَرٍ أَوْ أُنثَى وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُ
حَيَاةً طَيِّبَةً وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ أَجْرَهُم بِأَحْسَنِ مَا كَانُواْ
يَعْمَلُونَ.
Artinya: “Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki
maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan Kami berikan
kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada
mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.”
Arti Mufrodat:
فَلَنُحْيِيَنَّهُ : maka
sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya
حَيَاةً طَيِّبَةً : kehidupan yang baik
وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ : dan sesungguhnya akan
Kami beri balasan kepada mereka
Penjelasan Ayat
Dalam ayat ini dijelaskan tentang prinsip yang menjadi dasar bagi
pelaksanaan janji dan ancaman. Prinsip tersebut berdasarkan keadilan tanpa
membedakan seseorang dengan yang lain, kecuali atas dasar pengabdiannya.
Prinsip itu adalah siapa saja yang mengerjakan amal sholeh, baik laki-laki
maupun perempuan dan dia beriman, Alloh akan memberikan kehidupan yang baik.
Artinya, amal yang dilakukannya lahir atas dorongan keimanan yang benar.
Balasan yang diberikan Alloh kepadanya bukan hanya kehidupan yang baik di
dunia. Namun, pahala yang lebih baik dan berlipat ganda akan diterimanya di
akhirat nanti.
H.
Langkah-langkah
kegiatn pembelajaran
I.
Pertemuan
Pertama
a.
Pendahuluan
1.
Guru memberi
mengucapkan salam kepada peserta didik
2.
Guru beserta peserta
didik membaca doa sebelum pelajaran dimulai dipandu oleh salah satu peserta
didik,
3.
Guru menyiapkan
perangkat pembelajaran yang akan digunakan
4.
Guru
menyampaikan SK-KD serta tujuan pembelajan yang harus dicapai oleh peserta
didik
5.
Guru memberikan
pretest tentang pelajaran kompetensi dalam kebaikan
b.
Kegiatan inti
1.
Siswa secara
klasikal membaca Qs. Al-Baqarah 148, Qs. Fatir 32, an-nahl 97
2.
Secara kelompok
siswa membaca Qs. Al-Baqarah 148, Qs. Fatir 32, an-nahl 97
3.
Perwakilan
siswa membacakan Qs. Al-Baqarah 148, Qs. Fatir 32, an-nahl 97
4.
Siswa dipandu
oleh guru mengartikan mufrodat dari Qs. Al-Baqarah 148, Qs. Fatir 32, an-nahl
97
5.
Siswa dipandu
oleh guru menagrtikan Qs. Al-Baqarah 148, Qs. Fatir 32, an-nahl 97
6.
Guru
menjelaskan kandungan dari Qs. Al-Baqarah 148, Qs. Fatir 32, an-nahl 97
7.
Siswa
berdiskusi tentang kandungan beserta contoh prilaku orang yang yang berkompetisi dalam kebaikan sesuai yang
ada pada Qs. Al-Baqarah 148, Qs. Fatir 32, an-nahl 97
8.
Siswa secara
bersama melakukan tanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui
c.
Penutup
1.
Guru bersama
siswa membuat kesimpulan pembelajaran
2.
Guru memberikan
post test dengan cara menanya kepada sebagian siswa
3.
Guru memberikan
tugas kepada untuk berdiskusi tentang orang-orang telah di nas dalam
al-Quran
4.
Guru menyampaikan
rencana pembalajaran untuk pertemuan yang akan datang
5.
Guru menutup
pelajaran dan mengucapkan salam
II.
Pertemuan kedua
a.
Pendahuluan
1. Guru memberi mengucapkan salam kepada peserta didik
2.
Guru beserta
peserta didik membaca doa sebelum pelajaran dimulai dipandu oleh salah satu
peserta didik,
3.
Guru menyiapkan
perangkat pembelajaran yang akan digunakan
4.
Guru
menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan
b.
Kegiatan inti
1.
Siswa dipandu
oleh guru membahas hasil diskusi yang telah ditugaskan pada pertemuan kemarin
2.
Siswa dipandu
guru menyimpulkan hasil diskusi
3.
Siswa dibagi
soal untuk mengevaluasi pembelajaran
4.
Siswa
mengerjakan soal pembelajaran
5.
Guru bersama
siswa mengoreksi hasil evaluasi
6.
Guru menilai
hasil evaluasi
7.
Guru sedikit
membahas soal-soal evaluasi
c.
Penutup
1.
Guru memberikan
motivasi-motivas dalam belajar
2.
Guru mengakhiri
pelajaran dan menggucapkan salam
I.
Media
Pembelajaran
1.
Laptop
2.
LCD
3.
Whiteboard, spidol
4.
lingkungan
sekitar
J.
Sumber Belajar
1.
Buku paket kebenaran
al-Quran dan hadits untuk kelas 2 Madrasah Aliyah, karangan Lilis fauziyah
dan andi setiawan, tahun 2009, penerbit tiga serangkai pustaka mandiri Solo,
hlm 69-84
2.
LKS
Quran-Hadits al-Hikmah untuk kelas XI semester genap hlm 28-33
3.
Rangkuman
materi yang dibuat oleh guru
4.
Pengalaman guru
K.
Penilaian
NO
|
TUJUAN
PEMBELAJARAN
|
BENTUK
ISTRUMEN
|
CONTOH
INSTRUMEN
|
1
|
Siswa dapat menyebutkan makna mufrodat dari QS. Al-Baqarah 148,
QS. Fathir 32, Q.S An-Nahl 97
|
Pilihan ganda
|
Lafadz اصْطَفَيْنَا pada Q.S Fathir: 32 artinya
a.
Kami muliakan
b.
Kami lebihkan
c.
Kami pilih
d.
Kami lindungi
e.
Kami biarkan
|
2
|
Siswa dapat mengartikan QS. Al-Baqarah 148, QS. Fathir 32, Q.S An-Nahl 97
|
Pilihan ganda
|
سَابِقٌ
بِالْخَيْرَاتِ sebagaimana dijelaskan dalam uraian tafsir Q.S.
Fathir:32 intinya yaitu :
a.
Orang banyak
yang baik
b.
Orang yang
baik hati
c.
Orang yang dermawan
d.
Orang yang
lebih banyak kebaikannya
e.
Orang yang
sejahtera
|
3
|
Siswa dapat menjelaskan kandungan QS. Al-Baqarah 148, QS. Fathir
32, Q.S An-Nahl 97
|
Pilihan ganda
|
Sesuai kandungan Q.S. An-Nahl:97 Alloh SWT akan memberikan
kehidupan yang sejahtera bagi orang yang beramal shaleh dengan syarat:
a.
Tidak Riya
b.
Tidak ada
unsur kesombongan
c.
Dilandasi
keimanan
d.
Ikhlas
e.
Bila
dikerjakan secara maksimal
|
|
|
Essay
|
Bagaimanakah hubungan iman dan amal
Shaleh? Jelaskan!
|
4
|
Siswa dapat menunjukan perilaku orang-orang yang sesuai dengan
kandungan Qs. Al- Al Baqarah :148, QS. Fathir
: 32, QS. An Nahl : 97
|
Pilihan ganda
|
Orang islam yang mengetahui suatu kebenaran, tetapi tidak mau atau
bahkan melanggar kebenaran itu
diklasifikasikan dalam golongan orang :
a.
Muflishin
b.
Dzalimun Linafsih
c.
Al-Fujjar
d.
Muqtashid
e.
Sabiqun bil-khairat
|
|
|
Essay
|
Setiap manusia dituntut berjuang dan berusaha. Upaya apa yang
dilakukan agar umat islam termotivasi untuk Berkompetisi dalam kebaikan (Fastabiqul
Khairat)?
|
L.
Instrumen Soal
dan Kunci Jawaban
Terlampir
M.
Form Penilaian
NO
|
NAMA
|
JAWABAN BENAR
|
SKOR
|
|
Pilihan ganda
|
Essay
|
|||
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
...
|
|
|
|
|
35
|
|
|
|
|
Majenang, Februari
2014
Mengetahui,
Guru Pamong, Praktikan,
Moh Sulaiman, S. Pd. I Nur Kholis
NIP. 19800104 2005011003 103050181
Tidak ada komentar:
Posting Komentar