Dalil Naqli dan Aqli Landasan Jabariyah dan Qadariyah
Setelah admin
mengulas sedikit tentang sejarah Jabariyah dan Qadariyah dan hal yang melatarbelakanginya. Kesempatan kali ini, sebagai bahan material
makalah akan diulas sedikit dari landasan naqly (alasa yang diambil
dari al-Quran dan Hadis) dan aqly (alasan yang bersandar pada akal atau
rasional semata) yang menjadi pegangan sekaligus alasan "ada"
nya kedua aliran teologi ini.
1. Dalil-dalil naqliy sebagai dasar aliran Jabariyah
وَاللَّهُ خَلَقَكُمْ وَمَا تَعْمَلُونَ
Artinya:
Padahal Allah-lah yang menciptakan kamu dan apa yang kamu perbuat itu".QS.
وَمَا
رَمَيْتَ إِذْ رَمَيْتَ وَلَـكِنَّ اللّهَ رَمَى
Artinya: ......dan bukan kamu melempar ketika kamu
melempar, tetapi Allah-lah yang melempar.
مَا أَصَابَ مِن مُّصِيبَةٍ فِي الْأَرْضِ وَلَا
فِي أَنفُسِكُمْ إِلَّا فِي كِتَابٍ مِّن قَبْلِ أَن نَّبْرَأَهَا إِنَّ ذَلِكَ
عَلَى اللَّهِ يَسِيرٌ
Tiada
suatu bencana pun
yang menimpa di bumi dan (Tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan Telah
tertulis dalam Kitab (Lauhul Mahfuzh) sebelum kami menciptakannya. Sesungguhnya
yang demikian itu adalah mudah bagi Allah.
وَمَا تَشَاؤُونَ إِلَّا أَن يَشَاءَ اللَّهُ
إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلِيماً حَكِيماً
Artinya: Dan kamu tidak mampu
(menempuh jalan itu), kecuali bila dikehendaki Allah. Sesungguhnya Allah adalah
Maha mengetahui lagi Maha Bijaksana.
2. Adapun dalil-dalil aqliy
yang dijadikan landasan bagi kaum Jabariyah
antara lain sebagai berikut:
إِنَّ اللّهَ لاَ يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُواْ مَا
بِأَنْفُسِهِمْ
Artinya:
Sesungguhnya Allah tidak merobah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka merobah
keadaan[768] yang ada pada diri mereka sendiri..
QS
An –Nisa` ayat 110 :
وَمَن يَعْمَلْ سُوءاً
أَوْ يَظْلِمْ نَفْسَهُ ثُمَّ يَسْتَغْفِرِ اللّهَ يَجِدِ اللّهَ غَفُوراً
رَّحِيماً
Artinya:......
Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan dan menganiaya dirinya, Kemudian ia
mohon ampun kepada Allah, niscaya ia mendapati Allah Maha Pengampun lagi Maha
Penyayang.
2. dalil-dalil aqliy yang
dijadikan sebagai landasan kaum Qadariyah adalah:
Dalam sejarah teologi Islam selanjutnya, paham
Qadariyah dianut oleh kaum Muktazilah sedangkan paham Jabariyah moderat masih terdapat
dalam aliran Asy’ariyah.
|
|
Senin, 08 April 2013
JABARIYAH DAN QADARIYAH
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar